Profile


A. LATAR BELAKANG

Perpustakaan sekolah merupakan usaha pendidikan secara aktif dan positif menyelenggarakan pendidikan yaitu  membangkitkan kegemaran dan minat baca, membangkitkan minat terhadap hal-hal  yang baru melalui referensi, surat kabar dan lain-lainnya. Perpustakaan sekolah mendidik kerapian  dan kedisiplinan dan tanggungjawab dalam menggunakan fasilitas yang tersedia. Selain itu perpustakaan merupakan jendela  dunia, karena menyediakan sumber-sumber informasi dalam bentuk karya tulis, surat kabar, dan sebagainya .

Perpustakaan sekolah diselenggarkan sebagai suatu perangkat kelengkapan pendidikan untuk bersama dengan kelengkapan –kelengkapan  yang lain guna meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi perti dan mempertebal semangat cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa. Hal tesebut sesuai dengan tujuan pendidikan yang termuat dalam TAP MPR RI yaitu pada rumusan tujuan pendidikan nasional

Perpustakaan sekolah berkembang dan lancar maka perlulah membuat rencana program. Rencana program biasanya dibatasi sebagai keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang hal-hal yang akan dikerjakan pada masa akan datang dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

B. LANDASAN

Terwujudnya perpustkaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna disetiap sekolah menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bias membaca untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :

1.    Keputusan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan No.0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981. Mengenai pokok-pokok kebijakan Pembinaan   dan pengembangan perpustakaan sekolah di Indonesia.

2.    Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan  dan kebudayaan no. 2627/C/T.81 tanggal 21 April 1981 tentang pembinaan perpustakaan sekolah dan surat edaran /instruksi yang diterbitkan  berikutnya.

3.    Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah Dasar dan Menengah Pertama, Dasar dan MEnengah atas terbitan  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sarana Pendidikan tahun 1983.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Dengan melihat latar belakan maka maksu dan tujuan perpustakaan sekolah diselenggarakan untuk :

1.       Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca serta mendayagunakan budaya tulisan.

2.       Mengembangkan kemampuan mencari dan mengelola serta memanfaatkan informasi.

3.       Mendidik siswa untuk dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat

4.       Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan  atas tanggungjawab  usaha sendiri.

D. RUANG LINGKUP

Untuk memperjelas program pengembangan perpustakaan sekolah khususnya Perpustakaan MTsN Tambakberas Jombang, ruang lingkup sekolah antara lain :

1.                                 Administrasi

2.                                 Pengadaan Sarana / Prasarana

3.                                 Operasional

4.                                 Laporan

E. SUMBER DANA

Untuk mengembangkan perpustakaan perlu adanya sumber dana. Adapun sumber dana untuk pengembangan perpustakaan MTsN Tambakberas Jombang antara lain :

1.                                 Sumber dana dari BOS

2.                                 Sumbangan Tidak Terikat


  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: